Rabu, 29 Januari 2014

Usaha Cemilan Daerah Bercita Rasa Modern (Bagian 2)

Sambungan dari postingan sebelumnya: Usaha Cemilan Daerah Bercita Rasa Modern

Pengamat marketing mengatakan melihat peluang usaha cemilan tradisional yang dikemas dengan cita rasa modern ini sangat cerah, apalagi tak tak hanya masyarakat lokal saja yang tertarik namun juga banyak orang asing yang menyukai makanan khas tradisional. Kecenderungan saat ini banyak orang menyadari pentingnya makanan yang sehat dan tidak menggunakan banyak bahan kimia, termasuk untuk cemilan tradisional. Oleh karena itu cemilan tradisional yang dimodifikasi cita rasanya seperti cemilan modern juga harus mengedepankan hal itu. jadi ada  kombinasi antara orisinalitas bahan baku yang digunakan dengan varian cita rasa maupun tampilannya.

Tren. Cemilan tradisional yang dibuat dengan cita rasa modern bisa dipilih dari cemilan tradisional yang banyak digandrungi oleh masyarakat luas. Dan saat ini tren cemilan tradisional dengan cita rasa modern didominasi oleh cita rasa manis, pedas dan gurih. Dan tren terbaru saat ini adalah cemilan tradisional dengan menambahkan cita rasa kopi.

Namun yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam mengikuti tren, adalah harus tetap mengikuti selera pasar. "Inovasi produk baru belum tentu laku dipasan, sehingga harus selalu menyesuaikan selera pasar, karena itulah pentingnya ujicoba. Seperti cemilan dengan cita rasa coklat diuji coba dulu ke target konsumen yang akan dituju, dan dari sana bisa terlihat responsnya. Jika banyak yang berminat bisa diteruskan inovasinya, apalagi inovasi tersebut menyangkut biaya produksi. Dengan melakukan inovasi yang efektif bisa menekan kerugian,".

Bagi pemula usaha yang ha rus diperhatikan dalam pengembangan bisnis cemilan daerah cita rasa modern, adalah memiliki produk yang unggul di pasaran, artinya saat pertama memulai sebaiknya mencari produk yang enak menurut banyak orang, sehingga ketika dijual bisa menjadi unggul di pasaran. Dan untuk itu harus diuji coba berkali-kali termasuk dengan uji coba memberikan sampel kepada konsumen. Pelaku usaha bisa pula mengikuti kursus untuk lebih mendalami kreasi cita rasa. Kedua harus melakukan persiapan bisnis dari mulai lokasi, izin usaha, peralatan, kemasan, manajemen usaha seperti produksi, pemasaran dan keuangan.

Bersambung....    Usaha Cemilan Daerah Bercita Rasa Modern (Bagian 3)

1 komentar: