Selasa, 28 Januari 2014

Usaha Cemilan Daerah Bercita Rasa Modern

Getuk topping capppucino, kemplang barbeque, dan keripik tempe pedas.

Usaha cemilan memiliki segmen pasar yang luas, apalagi kebiasaan masyarakat yang suka menyantap cemilan disaat waktu luang maupun untuk hidangan di beberapa acara, seperti arisan, seminar, pengajian dan lainnya. seiring perkembangannya gaya hidup modern, cemilan tradisional saat ini juga beradaptasi dengan hadirnya kreasi baru dalam cita rasa maupun tampilan yang lebih modern. Peluang pasar cemilan tradisional dengan cita rasa modern pun kini banyak dilirik oleh para pelaku usaha. Sejauh mana peluangnya dan apa saja cemilan tradisional yang bisa digali inovasinya dan dikemas lebih modern.

Banyak hal yang mendorong lahirnya kreativitas, salah satunya adalah tren gaya hidup masyarakat yang mengadaptasi gaya hidup barat, termasuk dalam hal sajian kuliner. Tak heran jika saat menu ala barat digemari masyarakat khususnya oleh kalangan muda, lihat saja diberbagai gerai kuliner di pusat-pusat perbelanjaan, maupun resto dan cafe yang menjaikan sajian menu ala barat. Kondisi ini membuat kuliner lokal khususnya cemilan daerah atau tradisional sedikit menurun peminatnya. Karena itulah, saat ini cukup marak dijumpai cemilan tradisional yang dikemas dengan cita rasa lebih modern.

Menurut para pakar kuliner, untuk bisa bertahan dan meraih kembali target pasar, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbaharui varian dengan memperkenalkan cita rasa baru. Seperti cemilan keripik singkong dengan cita rasa pengaruh dari barat yang kini semakin marak dijumpai, dan diproduksi tak hanya skala home industry namun juga pabrikan. Sehingga untuk menyesuaikan banyak selera konsumen, maka pelaku usaha harus membuat variasi produk lebih modern dan ke depan bisa diterima oleh pasar termasuk kalangan muda.

Usaha cemilan tradisional dengan cita rasa modern berpeluang besar memang memperoleh pendapatan yang tak sedikit, mengingat target pasar yang cukup lebar dari anak-anak hingga orang tua. Selain segmen pasar yang cukup luas, usaha usaha cemilan yang dikemas dengan citarasa modern juga memiliki banyak pilihan. Apalagi setiap daerah pasti memiliki ciri khas kuliner masing-masing, yang dimodifikasi menjadi lebih modern. Bahan baku yang mudah dijumpai dan terjangkau harganya juga merupakan modal kuat  bagi perkembangannya usaha cemilan tradisional dengan kemasan cita rasa moderen.

Bersambung ke Usaha Cemilan Daerah Bercita Rasa Modern 2

0 komentar:

Posting Komentar